Jumat lalu (13/11/2020), bekerjasama dengan Ditjen Pengendalian dan Penertiban Tanah dan Ruang Kementerian ATR/BPN dan Pemerintah Kabupaten Badung meluncurkan program PATROLTARU (Pantau & Kontrol Penataan Ruang) Badung di Bali Nusa Dua Convention Hall. Aplikasi ini bertujuan untuk memudahkan akses informasi rencana tata ruang dan mendukung partisipasi publik dalam pengawasan dan pengendalian pemanfaatan ruang di Kabupaten Badung.

Aplikasi Patroltaru ini telah terintegrasi dengan Sidumas (layanan aspirasi dan aduan masyarakat) sehingga menjadi kesatuan sistem dalam upaya percepatan penanganan aduan terkait pelanggaran tata ruang. Media pelaporan ini dapat diakses melalui: sidumas.badungkab.go.id

“Dengan tersedianya informasi mengenai Rencana Detail Tata Ruang (RDTR) yang aksesibel dan informatif akan membantu masyarakat dalam melihat kesesuaian rencana dengan kondisi eksisting yang berada di lapangan,” jelas Budi Situmorang (Dirjen Pengendalian dan Penertiban Tanah dan Ruang Kementerian ATR/BPN).

Selain itu menambahkan dari I Gusti Made perwakilan dari Kaling Kuta, “Sebelumnya tinggi bangunan itu tidak boleh lebih dari pohon kelapa, tapi sekarang pembangunan hotel-hotel di Kuta sangat tinggi. Nah sekarang dengan ada ini kami berterimakasih dan siap membantu pemerintah untuk mengadukan pengaduan apabila ada pelanggaran pembangunan khususnya di Kuta, akan kami sosialisasikan ke masyarakat, dengan adanya Patroltaru ini untuk memantau pembangunan khususnya di Kuta”.

Sumber Foto:
https://www.tagar.id/kementerian-atrbpn-resmikan-patrol-taru-di-badung
https://www.jpnn.com/news/kementerian-atrbpn-luncurkan-aplikasi-patrol-taru-di-badung

Leave a Reply