Update

Soft Launching Sistem Informasi Tata Ruang Berbasis Mitigasi Bencana untuk Kota Bandung Tanggap Bencana

By October 14, 2018 No Comments

BANDUNG, CITYPLAN.ID — Setelah meluncurkan aplikasi Basis Data Kawasan Kumuh Kota Bandung sikaku.cityplan.id, pada Agustus 2018, Cityplan kembali melansir inovasi digital terbaru. Kamis (11/10/2018) Cityplan bersama dengan Badan Perencanaan Pembangunan Penelitian dan Pengembangan (Bappelitbang) Kota Bandung melakukan soft launching aplikasi Sistem Informasi Tata Ruang Berbasis Mitigasi Bencana Kota Bandung, sitaruna.cityplan.id, di Bandung Planning Gallery.

Acara dihadiri oleh berbagai lapisan stakeholder baik dari Pemerintahan maupun swasta. Acara dimulai pukul 10.00 WIB dan dibuka oleh Ir. Tammy Lasmini, M.T., Kepala Bidang Perencanaan Infrastruktur dan Pengembangan Wilayah (PIPW) sebagai perwakilan dari Bappelitbang Kota Bandung.

“Fenomena bencana yang sering kali terjadi di Indonesia perlu diantisipasi oleh pemerintah, baik melalui perumusan kebijakan dan pengembangan sistem informasi yang komprehensif. Dari pihak pemerintah, kami merespon potensi kerawanan bencana dan upaya pengurangan resiko bencana melalui pengembangan aplikasi SITARUNA Kota Bandung.” papar Tammy.

Ditinjau dari segi Geografis, Kota Bandung dikelilingi oleh jajaran pegunungan dan berdekatan dengan Sesar Lembang dan Gunung Tangkuban Perahu, serta dilalui oleh Anak-anak Sungai Citarum. Dengan perkembangan kota sangat pesat dengan kondisi fisik tersebut, Kota Bandung memiliki potensi kerawanan bencana yang tinggi, baik itu bencana banjir, longsor, gunung api dan kebakaran.

“Pada aplikasi Sitaruna, terdapat informasi terkait risiko kebakaran, gempa, banjir, longsor, hingga jalur dan ruang evakuasi ketika terjadi bencana. Nantinya warga Bandung dapat melihat aplikasi tersebut di laman situs sitaruna.cityplan.id melalui komputer atau melalui handphone,” tutur Andry Heru, Kepala Sub Bidang I PIPW Bapelitbang Kota Bandung.

Aplikasi Sitaruna Bandung yang diluncurkan pada tahun 2018 ini masih berupa prototype dan merupakan bagian dari rancangan proyek perubahan yang diusulkan oleh Kepala Sub Bidang I PIPW Bapelitbang Kota Bandung, Andry Heru Santoso, ST., MT. Adanya inovasi ini diharap dapat mempermudah proses pengambilan keputusan bagi pemangku kepentingan dan antisipasi pengurangan resiko bencana bagi masyarakat di Kota Bandung. Secara khusus, Cityplan juga bertujuan untuk terus melakukan inovasi agar informasi tata ruang dapat lebih menjangkau berbagai lapisan masyarakat.

 

Leave a Reply